Pintu Ka'bah

Pintu Ka'bah - Ketika dibangun oleh Nabi Ibrahim, Ka'bah memiliki dua pintu yang menyentuh tanah. Bentuknya sederhana, sekedar lubang terbuka dan tidak ada daun pintunya. Fungsinya sebagai tempat masuk-keluar saja.



Pintu depan di tembok bagian timur (dekat Hajar Aswad) untuk masuk, dan pintu belakang di tembok bagian barat (dekat Rukun Yamani) untuk keluar. Raja As'ad Tubba' III dari Yaman merupakan orang yang pertama kali membuat kan daun pintu Ka'bah.

Berdoa di arah Multazam dan Pintu Ka'bah

Sewaktu kaum Quraisy merenovasi Ka'bah tahun 606 M, pintu belakang ditutup, sedangkan pintu depan ditinggikan dari permukaan tanah dan daun pintunya dibuat dua. Ketika A'isyah menanyakan kepada Nabi kenapa pintunya ditinggikan, lalu dijawab beliau: "Kaummu yang melakukannya, agar mereka dapat memasukkan siapa saja yang dikehendaki dan melarang masuk siapa saja sekehendaknya. Kalau saja aku tidak khawatir hati kaummu tersinggung, karena baru saja keluar dari masa jahiliah, tentu akan aku buatkan tembok di dalam Ka'bah dan menyentuhkan pintunya ke tanah". (HR Bukhari). (ka'bah)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ka'bah Mekkah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger